Sabtu, 14 Agustus 2010

Pengguna Narkoba, Pak Hakim, Lingkaran Besar Dan Lingkaran Kecil

Di Negeri Antah Berantah, bukan di negeri ini, dua orang anak muda, pengguna narkoba, yang sudah ditangkap polisi menghadapi sidang perdananya. Pada sidang ini pak Hakim berkata:
"Kalian berdua masih muda sekali, dan berkelakuan baik selama di tahanan. Daripada sekedar memenjarakan kalian, saya ingin menawarkan pada kalian sebuah tantangan. Kalau kalian bisa melakukannya, kalian akan saya vonis bebas." Kata pak Hakim.
"Tantangannya adalah, kalian selama satu minggu ini harus mengajak teman-teman kalian yang masih menggunakan narkoba supaya bisa berhenti menggunakan narkoba," tantang pak Hakim, "kalian sanggup?"
"Sanggup, Pak Hakim!" Jawab mereka berdua mantap.

Seminggu kemudian, mereka berdua kembali lagi ke persidangan. Anak muda yang pertama ditanya oleh hakim.
"Bagaimana hasilnya?"
"Sebanyak 17 teman saya sesama pengguna narkoba sudah saya sadarkan untuk tidak menggunakan narkoba lagi, Pak Hakim." Jawabnya bangga.
"Bagus sekali. Bagaimana cara Anda melakukannya?" Tanya pak Hakim kagum.
Anak muda tadi menggambar dua lingkaran. Lingkaran pertama besar, dan lingkaran kedua lebih kecil.

"Saya jelaskan pada mereka, inilah otak saya sebelum memakai narkoba (sambil menunjuk lingkaran besar), dan inilah otak saya sesudah memakai narkoba (sambil menunjuk lingkaran kecil)."

Pak Hakim pun bertambah kagum dan bertanya pada anak muda yang satunya lagi, "nah, bagaimana dengan Anda?"
"Kalau saya lebih hebat lagi, Pak Hakim." Katanya bangga, "saya bisa menyadarkan 500 orang teman saya sesama pengguna narkoba, dan mereka sekarang sudah berhenti menggunakan narkoba."
"Wah, luar biasa! Bagaimana cara Anda melakukannya?"
Si anak muda kedua menggambar lingkaran kecil dan lingkaran besar di papan tulis. "Saya menggunakan cara yang hampir sama, Pak Hakim." Jelasnya.
"Saya katakan pada teman-teman saya: inilah lubang anus saya sebelum masuk penjara (sambil menunjuk lingkaran kecil), dan inilah lubang anus saya setelah masuk penjara (sambil menunjuk lingkaran besar)." Jelas anak muda yang kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar